Jumat, 20 Januari 2012

Apa itu SMS Gateway ??

Jika ditanya apa kegiatan rutin seseorang yang dilakukan setiap hari, mungkin akan dijawab: sikat gigi,mandi, makan, tidur, dan lain-lain dah dengan mengirimkan minimal satu SMS.
SMS (Short Message Service) bukan hal yang baru baru amat di dunia teknologi mobile, tetapi fungsionalitasnya sudah berakar dan tidak bisa lah dipisahkan dari kehidupan masyarakat kita.
Walaupun teknologi seperti MMS, Blackberry Messenger, Nexian Messenger, chatting ataupun video call sedang berkembang dan booming boomingnya… saya pikir cara bertukar informasi ala SMS dengan yang hanya menggunakan teks sederhana masih tetap menjadi pilihan nomer wahid. Tidak hanya terbatas hanya untuk sarana komunikas pengganti percakapan lisan diantara dua orang, SMS saat ini juga mem-booming digunakan sebagai alat untuk vooting, kuis, lelang, banking, order barang, promosi, undangan, payment dan lain sebagainya.

Apa Sih Lebihnya si SMS Itu ?

SMS bisa jadi populer tentunya karena punya kelebihan tersendiri dan kelebihan SMS itu menurut saya justru terletak pada kesederhanaannya, sehingga mudah untuk diaplikasikan. Coba kita pikirkan lagi, semua ponsel memiliki fitur SMS, tidak perduli apakah ponselnya dukung 3G, touch screen, dual SIM card, atau hanya ponsel berlayar 1 baris seperti kalkulator. SMS juga tetap dapat dikirim walaupun ponsel si penerima sedang tidak aktif dalam limit waktu tertentu (nah jadi mirip sama BBM kan), karena si SMS itu punya yang namanya validity period.
Penyampaian SMS juga biasanya lebih cepat jika dibandingkan dengan kita mengirimkan lewat messenger. Tidak juga bergantung pada sinyal GPRS yang kadang byar pet itu. Biaya yang saat ini juga relatif murah juga menjadi salah satu alasan kenapa SMS digunakan secara luas di bumi ini.



SMS Gateway
SMS gateway merupakan sebuah sistem aplikasi yang digunakan untuk mengirim dan atau menerima SMS, dan biasanya digunakan pada aplikasi bisnis, baik untuk kepentingan broadcast promosi, servis informasi terhadap pengguna, penyebaran content produk / jasa dan lain lain.
Karena tadi saya bilang merupakan sebuah aplikasi, maka fitur yang ada dalam SMS gateway bisa kita modifikasi sesuai dengan kebutuhan. Nah, berikut adalah beberapa fitur yang umum dikembangkan dalam aplikasi SMS Gateway :
  • Auto Reply
  • Pengiriman massal / broadcast message
  • Pengiriman terjadwal
Untuk membuat sebuah SMS gateway, Anda perlu mengenal hal-hal berhubungan dengan SMS gateway itu sendiri. Selain satu hal yang memegang peranan penting dalam pengiriman SMS adalah SMSC (Short Message Service Center). yang merupakan jaringan telepon selular yang menangani pengiriman SMS.
Jadi, pada saat seseorang mengirimkan sebuah pesan SMS melalui ponselnya, SMSC-lah yang bertugas mengirimkan pesan tersebut ke nomer tujuan.
Jika nomer tujuan tidak aktif, maka SMSC akan menyimpan pesan tersebut dalam jangka waktu tertentu, Jika SMS tetap tidak dapat terkirim sampai jangka waktu tersebut berakhir, maka SMS tersebut akan dihapus dari penyimpanan SMSC.
Sebuah aplikasi SMS gateway dapat menggunakan jalur SMSC untuk pengoperasiannya. Keuntungannya adalah penggunaan nomer pendek/short code yang mungkin dapat terdiri dari 3 sampai 4 digit saja misal 888, 9044, dan seterusnya.
Contohnya seperti anda mengikuti pooling SMS Indonesian Idol, nomer pendek / short code ini disediakan oleh operator jaringan SMSC. Jalur SMSC juga dapat mengirim SMS dalam jumlah banyak dalam waktu yang relatif singkat. Hanya saja, untuk membuat SMS gateway dengan menggunakan jalur SMSC, kita harus memiliki jalur koneksi ke operator seluler, dan ini bukan hal yang mudah untuk pelaku bisnis dalam skala kecil ataupun individu. Umumnya layanan ini digunakan jika aplikasi kita dapat menghasilkan traffic SMS yang tinggi.
Terdapat alternatif infrastruktur yang lebih sederhana dan mudah didapatkan, yaitu membuat SMS gateway yang menggunakan ponsel ataupun modem GSM/CDMA sebagai media pengiriman/penerima SMS di mana ponsel atau modem GSM/CDMA tersebut terpasang pada sebuah komputer.
Tentu saja SMS tersebut sebenarnya tetap terkirim melalui SMSC, hanya saja melalui rute yang lebih panjang karena tidak memiliki koneksi langsung terhadap si SMSC. Karena itu, kapasitas dan kecepatan pengirimannya tidak sebaik performa jika langsung menggunakan jalur SMSC.
Karena relatif lebih mudah untuk diimplementasikan, SMS gateway dengan menggunakan ponsel / GSM/CDMA modem cukup berkembang dan banyak digunakan.
Lalu apa perbedaanya jika menggunakan ponsel, modem GSM, atau modem CDMA? Apa pilihan terbaik? Sangat tergantung pada kebutuhan anda sendiri, modem GSM/CDMA memang di desain bekerja untuk keperluan SMS gateway, memiliki peforma yang baik dan stabil dibandingkan dengan ponsel biasa.
Tetapi, penggunaan ponsel untuk keperluan SMS gateway juga dapat dipertimbangkan jika sistem SMS gateway yang digunakan tidak terlalau berat dan masih dapat ditangani melalui ponsel.
Sedangkan modem GSM/CDMA, sesuai dengan namanya dibedakan oleh jaringannya, apakah menggunakan GSM atau CDMA. Untuk saat ini modem GSM lebih banyak digunakan karena jaringan GSM sendiri lebih stabil.
Modem CDMA tetap merupakan alternatif menarik yang mungkin berguna untuk kondisi tertentu. Misalnya jika anda memiliki perhitungan biaya pulsa yang lebih murah, atau kalangan penerima SMS dari sistem SMS gateway anda mayoritas menggunakan ponsel CDMA.
Cara kerja modem GSM/CDMA mirip dengan modem dial up yang biasa anda gunakan untuk koneksi internet memalalui line telepon. Perbedaannya adalah modem dial-up mengirim dan menerima data melalui line telepon, sedangkan modem GSM/CDMA mengirim dan menerima data melalui gelombang radio.


Contoh Aplikasi SMS Gateway

Databip SMS Gateway merupakan aplikasi SMS yang bersifat dua arah (two-way SMS) yang dapat membantu perusahaan Anda dalam menjalin interaksi dengan pelanggan melalui SMS, dengan contoh-contoh penggunaan sebagai berikut:

Contoh penggunaan SMS Gateway1. Informasi Tagihan
Konsumen dapat mengetahui informasi tagihan seperti tanggal jatuh tempo, jumlah tagihan, cara pembayaran, dan Contact Center yang bisa dihubungi untuk informasi lebih lanjutnya. Cocok digunakan untuk jenis usaha yang menerima pembayaran tagihan secara teratur, seperti Leasing, Finance, Building Management, dll.

2. Check Point SMS
Member dapat melakukan cek point melalui SMS dan sistem akan memberitahukan point member secara real-time, hadiah yang didapat, atau dapat juga mengingatkan sisa poin untuk mencapai hadiah atau level tertentu. Sistem SMS Gateway seperti ini cocok digunakan untuk perusahaan MLM.

3. Pengiriman Laporan
Karyawan atau kantor cabang dapat mengirimkan laporan penjualan/ tagihan harian melalui SMS dengan format tertentu ke SMS Center perusahaan, dan selanjutnya data ini hanya dapat diakses oleh management perusahaan. Report yang dihasilkan dalam bentuk Ms. Excel. Cocok untuk industri retail yang umumnya memiliki banyak cabang/ outlet, ataupun perusahaan multinasional.

4. Real Time Information
Perusahaan dapat memberikan kemudahan bagi karyawan maupun konsumennya dalam mengakses informasi yang dibutuhkan secara cepat, relevan, dan real time. Misalnya adalah cek posisi saham untuk perusahaan securitas, cek tanggal jatuh tempo untuk perusahaan finance, cek jadwal kapal atau tracking cargo untuk perusahaan shipping, dan sebagainya.

5. Internal Alerts
SMS Gateway juga dapat digunakan untuk kebutuhan internal perusahaan, seperti memberikan alert kepada karyawan mengenai jadwal meeting, event, appointment, dan sebagainya.

6. SMS Quiz
Dengan membuat SMS Quiz, maka akan terjalin hubungan yang lebih interaktif antara perusahaan Anda dengan pelanggan Anda. User yang hendak berpartisipasi dapat mengirimkan SMS registrasi dengan kode-kode tertentu, misalnya REG#data diri, sehingga perusahaan Anda dapat mengumpulkan database dan data-data pelanggan yang lebih lengkap.


Strukturisasi Pengaplikasian SMS Gateway


Sebelum memulai lebih lanjut ada beberapa istilah yang perlu diketahui didalam SMS dan Koneksinya dengan Gatewayperusahaan telekomunikasi (Telco) seperti kalau di Indonesia adalah Telkomsel, Indosat, dll.

Istilah Penjelasan
API Application Programming Interface
CP Content Provider
DN Delivery Notice
MO Mobile Originated
MT Mobile Terminated
SMSC Short Message Service Center
EUA External User Application
Shortcode No untuk menghantar/menerima SMS ke/dari SMS Gateway, cth 3221 (Indonesia 4 digit, Malaysia 5 digit)
Keyword Perkataan wajib yang ditulis pada SMS, cth: KLIKBCA, AFI
Istilah yang digunakan

Kita mulai:
SMS Gateway adalah suatu platform yang menyediakan mekanisme untuk EUA menghantar dan menerima SMS dari peralatan mobile (HP, PDA phone, dll) melalui SMS Gateway’s shortcode (sbg contoh 9221). Di bawah ini disertakan sedikit ilustrasi mengenai penjelasan di atas.
SMS Gateway membolehkan UEA untuk berkomunikasi dengan Telco SMSC (telkomsel, indosat, dll) atau SMS platform untuk menghantar dan menerima pesan SMS dengan sangat mudah, Karena SMS Gateway akan melakukan semua proses dan koneksi dengan Telco. SMS Gateway juga menyediakan UEA dengan interface yang mudah dan standar.
UEA dapat berupa berbagai aplikasi yang memerlukan penggunaan SMS. Seperti berbagai aplikasi web yang telah banyak menggunakan SMS (free sms, pendaftaran, konfirmasi melalui SMS, aplikasi perkantoran, dsb), CMS, acara pengundian di televisi, dll.
UEA melakukan komunikasi dengan SMS Gateway melalui Internet menggunakan standard HTTP GET atau HTTPS (untuk komunikasi yang aman).
Telco SMSC akan menghantar pesan (SMS) tersebut kepada perusahaan SMS Gateway (sesuai dengan nomor yang telah disewa) dengan menggunakan protokol yang khusus. Dan berdasarkan keyword yang telah dituliskan pada SMS, maka sistem SMS Gateway akan menghantar SMS tersebut ke URL yang telah ditentukan. UEA dapat menghantar SMS reply kepada pelanggan melalui SMS Gateway tersebut. Dan UEA dapat menentukan besan_a biaya (charging) yang akan dikenakan kepada pelanggan. Biasanya telah ditentukan regulasi biayanya (microcharging mechanism), contoh Rp 0 (gratis); Rp 500,- ; Rp 1000,- ; Rp2000,- dst.
Suatu perusahaan SMS Gateway biasanya support untuk pesan yang berupa teks, unicode character, dan juga smart messaging (ringtone, picture message, logo operator,dll).
Kalau dilihat secara teknikal maka akan nampak seperti diagram di bawah ini

Diagram 1. Spesifikasi Teknikal
Penjelasan:
  1. SMSC menghantar MO SMS (yang dikirim oleh pelanggan kepada suatu shortcode) ke SMS Gateway.
  2. Berdasarkan keyword yang telah didaftarkan. SMS Gateway menghantar pesan tersebut ke url yang telah ditentukan melalui mekanisme HTTP GET.
  3. User menghantar MT SMS ke url outgoing melalui HTTP GET dan memisahkan Nama Gateway dan ID Gateway daripada HTTP Header.
  4. SMSC menerima MT SMS daripada Gateway.
  5. SMSC mengirim DN dari MT SMS ke SMS Gateway, yang dimana DN ini bergantung kepada kondisi yang diset oleh telco.
  6. SMS Gateway mengirim DN ke url yang telah ditentukan melalui HTTP GET.
Agar lebih jelas, maka saya juga akan menjelaskan apa itu MO, MT dan DN secara lebih detil.
MO
Pesan yang datang (incoming) dari pelanggan (untu pesan yang hanya mengandungi keyword yang sesuai) akan diteruskan ke url yang telah ditentukan pada aplikasi melalui mekanisme HTTP GET. Contoh dari Parameter-parameter yang dikirim adalah :
  • moid : ID dari pesan yang masuk.
  • gateway : nama gateway dari mana pesan tersebut berasal
  • msisdn : nomor handphone pelanggan
  • message : pesan yang dihantar, termasuklah keyword.
contoh: katakanlah url yang telah ditetapkan adalah http://xxx.xxx.xx/incoming.php dan menggunakan keyword ‘TEST’. Maka pesan tersebut akan diterjemahkan dan dikirim melalui HTTP GET menjadi bentuk
http://xxx.xxx.xx/incoming.php?moid=12345&gateway=telkomsel_3221&
msisdn=0811875435&message=TEST+HELLO+WORD
MT (Text Message)
Pesan yang keluar (outgoing) telah dikirim ke url yang telah ditetapkan oleh keyowrd. Lalu UEA harus mengirim pesan MT melalui HTTP GET. Parameter yang terlibat:
  • moid : ID dari pesan yang masuk yang telah dibalas. Jika MT dikirim tanpa MO maka nilainya 0.
  • gateway : Nama dari gateway (biasanya sama dengan nama gateway dari pesan incoming).
  • message : Pesan SMS. (biasanya 160 karakter).
  • type : kita tetapkan untuk ‘TM’.
  • price : Biaya yang akan dikenakan kepada pelanggan (pulsa akan berkurang/masuk dalam bill pascabayar).
contoh: url adalah http://yyy.yyy.yy/aditya/outgoing.php menggunakan keyword ‘TEST’
maka akan menjadi, http://yyy.yyy.yy/aditya/outgoing.php?moid=12345&gateway=telkomsel_3221&
msisdn=0811875435&message=INI+BALASAN+SMS+ANDA+TADI

DN (Delivery Notice)
DN ini akan dikirim oleh SMSC jika MT telah berhasil dikirim ke pelanggan dan pemotongan biaya juga berhasil.

Sekian dulu cerita singkat mengenai
SMS Gateway ini.

Sumber :

10 komentar:

Posting Komentar

makasih sudah mampir.... ^_^

 
Powered by dot_exe.production