Jumat, 14 Maret 2014

Sebelum masuk ke langkah-langkah penginstalan komponen Traw Printer, temen-temen tau komponen ini kan...?? jadi kalo yang belum tau, komponen Traw Printer ini berguna untuk membuat report atau cetakan pada printer jenis dot matrix. Kelebihan komponen ini adalah ia mampu menghentikan printer secara otomatis(ada banyak kasus dimana ketika anda mencetak jika settingan ukuran kertas tersebut tidak ada di driver bawaan maka kertas tersebut tidak mau berhenti).
kalo sudah ngerti berikut uraiannya yang ta copy di web lautanindonesia.com.
Dalam IDE delphi banyak komponen-komponen baik yang third party ataupun bawaan Borland sendiri. Contoh komponen third party atau pihak luar adalah Quick Report, Rave Report(Delphi 7) dan juga develepor lainnya (anda dapat melihat pada tab samples dan activex) yang sudah built in dari instalasi programnya. Anda sendiri dapat menginstall komponen anda sendiri untuk ditampilkan dalam IDE Delphi. Berikut saya contohkan instalasi komponen RawPrinter(googlink sendiri aja, pasti ketemu kok, nama filenya adalah RawPrinter.pas). kalo yang pengen download aplikasinya bisa langsung disini
Sebelum menginstal komponen tersebut anda harus membuat package dahulu. Apa itu package, package adalah special dynamic link library yang digunakan oleh aplikasi, IDE Delphi atau keduanya, atau terjemahan bebasnya adalah kumpulan dari beberapa unit yang saling berhubungan satu sama lain yang dipakai baik pada saat anda merancang aplikasi atau saat menjalankannya.


Buka delphi kalian, kalau sudah klik file trus cari menu yang namanya close all. Klik dengan mata terpejam sambil membayangkan gadis cantik tapi jangan horni lho. Kalo ada perintah Save file, pilih aja “No”. Sekarang klik lagi file-->New-->Other. Disana ada banyak sekali tab-tab kayak “New”,”ActiveX”,”Multiter” dan lain sebagainya. Hiraukan semuanya, fokus pada tab New. Disana ada tulisan package, langsung klik aja akan tampak tampilan dengan heading di atasnya package-package1.dpk. Save package tersebut dengan cara klik save dan simpan aja di folder sesuai dengan tempat anda menaruh file “RawPrinter.pas”, kasih nama RawPrint.
Klik tombol kuning diatas yang ada tulisan add, lalu browse dan cari file RawPrinter.pas anda kemudian klik OK.

Tampak di package anda di folder contains terisi nama RawPrinter.Pas. Meskipun anda dapat langsung menginstalnya, tapi sebaiknya pilih Compile, hal ini untuk dilakukan untuk mengecek syntak anda apakah ada yang salah atau tidak. Kalau udah compile, trus klik install. Kalau sudah berhasil akan tampak tulisan “Package bla-bla-bla has been installed. The following component(s) have been registered. Raw Printer.TRawPrinter”.
Komponen sudah selesai diinstall, sekarang tinggal gunakan dalam delphi anda.
Catatan: Sebelum menggunakannya, anda terlebih dahulu menyetting librarypath tempat file unit(bukan file package anda) dengan cara klik Tools-->Enviromenment Options, tampak tampilan baru lagi berisi sekumpulan tab. Pilih tab library, disana ada pilihan-pilihan direktori untuk setting IDE anda. Pilih yang Library path dengan cara klik tombol disampingnya. Sekarang tampak tampilan form baru dengan titel directories, klik tombok titik 3, langsung tampil form dengan titel browsing folder. Pilih folder tempat anda menaruh file pas tadi. Sesudah klik OK, sekarang anda lihat ada tombol berjudul add yang sudah aktif, klik tombol tersebut trus klik OK dan OK lagi.

- Cara menelusuri asal-usul dari method, fungsi, unit, variabel.
Buka Code Explorer, nah jika anda ingin mengetahui isi unit lain atau pun asal-usul dari Class,method dan sebagainya gunakan cara taruh kursor di tempat tulisan, misalnya anda pengin tahu isi dari unit Windows, taruh kursor dekat tulisan windows trus tekan tombol Ctrl dan klik. Ingat gambar kursor harus berubah jadi tangan dulu baru anda bisa klik. Nah sekarang anda bisa landing di unit windows dan lihat codingnya, pusing banget ya!

- Shortcut buat procedure atau fungsi
Untuk membuat procedure atau fungsi agar tertulis langsung di bagian implementation ada shortcut cepat yaitu anda terlebih dahulu menulis procedure atau fungsi tersebut dibagian private atau public, trus taruh cursornya di procedure itu lalu tekan tombol Ctrl+shift+C.

Sumber : http://www.lautanindonesia.com/forum/pe ... s2-delphi/

0 komentar:

Posting Komentar

makasih sudah mampir.... ^_^

Follow by Email

Daftar Kunjungan

sejak tanggal 11 agustus 2010

Date

dot_exe

Promosi dikit neh... ^_^

Jika anda ingin meningkatkan kinerja perusahaan atu tempat anda bekerja, saya penulis dapat memenuhi kebutuhan anda . baik atas nama kelompok (CV) atau perorangan:
penulis menyediakan softaware-software seperti:
1. Dinas pemerintahan / Swasta
2. Percetakan
3. Toko / swalayan
4. Dinas pendidikan
5. dll

software dapat berbentuk desktop atau model jaringan (client server).
Selain itu menerima pemesanan pembuatan Website baik yang pribadi maupun perusahaan.

bagi yang berminat dapat mengirim e-mail ke alamat dotexe.chili@gmail.com

Popular Posts

Daftar Komentar

temen-temenku