Sabtu, 07 Juli 2018

Microsoft.NET merupakan Generasi Baru dari Windows Servis (Next Generation Windows Services(NGWS)) yang merupakan sebuah platform untuk membangun dan menjalankan berbagai aplikasi penerus seperti aplikasi terdistribusi. Microsoft.Net merupakan framework (kerangka) pengembangan yang menyediakan interfase pemrograman baru untuk layanan Windows dan API (Application Programming Interface).

Microsoft.NET merupakan strategi Microsoft untuk menghubungkan System, Information dan Device. Sehingga orang dapat berkomunikasi serta berkolaborasi dengan lebih efektif. Teknologi.NET terintegrasi penuh melalui produk-produk Microsoft, dan menyediakan kemampuan untuk mengembangkan solusi dengan menggunakan Web Service.
Platform Microsoft.NET terdiri dari lima komponen utama yang tersusun dalam tiga lapisan(layer) yaitu :
  1. Lapisan paling bawah adalah Sistem Operasi.
  2. Lapisan kedua terdiri dari tiga komponen;
  3. Lapisan ke tiga atau paling atas yaitu Aplikasi, salah satu contohnya yaitu Visual Studio.NET

Visual Studio.NET
Microsoft Visual Studio.NET merupakan kumpulan lengkap tools pengembangan untuk membangun aplikasi Web ASP.NET,XML Web Services,Aplikasi Desktop,dan Aplikasi Mobile.di dalam Visual Studio inilah bahasa – bahasa pemrograman .NET seperti Visual Basic,Visual C++,Visual C#(CSharp),dan Visual J#(JSharp) semuanya menggunakan lingkungan pengembangan terintegrasi atau IDE yang sama sehingga memungkinkan untuk saling berbagi tools dan fasilitas Visual Basic.NET (VB.NET).

IDE Visual Basic
IDE(Integrated Development Environment) atau sering di sebut sebagai Integrated Design atau Debugging Environment merupakan perangkat lunak komputer atau Software yang digunakan sebagai editor ybagi programmer dalam mengembangkan perangkat lunak yang telah terintegrasi, lebih kompleks dengan beragam toolsnya serta komponen pendukungnya.

Okey, Untuk menyingkat materi, kita akan menunjukkan tampilan atau antar muka dari Microsoft itu sendiri seperti apa. 
Langkah pertama yang akan kita pelajari adalah IDE (Integrade Development Environment) dari Visual Basic.Net. Bagi teman-teman semua yang belum mempunya aplikasinya, dapat mendowload aplikasinya secara free di berbagai halaman webside atau membeli CD originalnya dengan harga yaaaaa lumayan lah bagi mahasiswa apalagi ngekost. hehehee....
Untuk mendowload aplikasi Visual Studio. Net bisa ke website microsoft langsung atau di klik di tautan ini =>

Free Download Visual Studio.Net

Setelah berhasil Mendownload, coba di install sesuai Petunjuknya.
Okey, Pada saat pertama kali kita membuka Visual Studio akan tampil seperti gambar di bawah ini, kebetulan penulis masih pakai versi 2010 jadi tampilannya seperti dibawah ini.



Untuk membuka project yang telah di buat, maka gunakan menu File > Open > Project atau dengan mengklik tombol open project yang ada di bawah. Sedangkan untuk membuat project baru gunakan menu File > New > Project.



Pada kotak dialog tersebut terdapat beberapa pilihan bahasa pemrograman untuk membuat aplikasi. yakni Visual Basic.Net, Visual C#. Visual C++, Visual J#, Visual F#, Dan Asp.Net.
Pilih Visual Basic dan pilih Windows Forms Application kemudian berinama pada bagian name serta letak program yang akan di buat setelah kita menekan Tombol OK.


Berikut Penjelasannya :

1. Menu Bar
Menu Bar adalah bagian dari IDE  yang terdiri dari berbagai perintah-perintah untuk mengatur dan mengeksekusi program yang telah di buat. Untuk menggunakan menu bar anda tinggal meng-klik menu pilihan yang akan di jalankan. Misalnya menu File > New > Project.

2. Toolbar
Fungsi dari toolbar sama sebenarnya dengan perintah-perintah yang ada pada menu, tetapi pada toolbar ini  dilambangkan dengan bentuk  icon. Anda tinggal mengklik icon untuk melakukan proses sesuai kebutuhan dalam pembuatan program/aplikasi.
Pada toolbar terdapat beberapa tombol untuk membuat dan memanipulasi window dari IDE Visual Basic.Net yakni ToolBox, Solution Explorer, dan Properties

3. Form Design dan Code
Form Design merupakan tempat yang digunakan untuk menempatkan komponen-komponen yang ada di toolbox, pada bagian inilah yang akan menjadi tampilan antarmuka kepada pihak yang menggunakan aplikasi yang akan dibuatnya. 
Sedangkan untuk code, merupakan tempat editor yang digunakan untuk menulis code-code program. untuk mengakses tampilan code yaitu dengan dengan mendouble klik komponen yang akan diberikan instruksi code program.

4. Solution Explorer 
Berisi kumpulan Project dan form, module dan beberapa file project yang kita buat sehingga memudahkan untuk memilih form atau file mana yang akan diedit.

5. ToolBox
Toolbox adalah tempat dimana control dan komponen di  letakkan. Untuk membuat suatu program aplikasi. Anda dapat mengambil control dan komponen yang ada pada Tollbox.

6. Properties
Membuat tampilan daftar file-file dari project yang sedang di buat sementara properties untuk pengaturan nilai dan fungsi form serta menu control.  

Membuat Aplikasi Pertama
Untuk membuat aplikasi pada Visual Basic.Net maka pertama anda harus membuat New Project kemudian menambahkan beberapa control pada form dan menuliskan beberapa kode program kemudian menjalankannya.

Langkah pembuatan aplikasi pertama :
  • Pada halaman start page Visual Basic.Net klik tombol New Project tunggu sampai muncul kotak dialog New Project.
  • Pada kotak dialog New Project, dibagian Install template pilh Visual Basic > Windows > Windows Forms Application, kemudian isi nama Project yang akan di buat serta lokasi folder tempat kita menyimpan project tersebut.
  • Lalu ok, maka akan muncul form editor dari project yang akan dibuat. 

  • Kemudian anda dapat menambahkan beberapa object control pada form, dengan cara meng-klik ganda pada object control yang akan dimasukkan atau dengan cara lain klik dan drag object control tersebut ke dalam form editor.

  • Setelah  kita merancang tampilan pada form, Untuk mengganti tulisan yang terdapat di kompnen ersebut seperti Label, Button, Textbox, dll. yaitu dengan memilih komponen tersebut (klik kiri satu kali) lalu Ganti isinya pada bagian propertis > Text.

  • Ganti Text komponen seperti pada gambar diatas :
    • Label1 = Nama
    • Button1 = Proses
    • RadioButton1 = Laki-Laki
    • RadioButton2 = Perempuan
    • CheckBox1 = Jomblo

  • Setelah menganti text atau caption dari masing-masing komponen, maka kita harus menulis kode program agar object control tersebut dapat berjalan sesuai dengan yang diinginkan. Untuk menulis kode program kita klik tombol View Code pada bagian solution explorer dan klik ganda object control tersebut. atau dengan mendouble klik komponen Button1 / Tombol Proses.
  • Kemudian akan muncul kotak editor. Pada kotak editor tersebut anda dapat menuliskan kode program di dalamnya.

  • Untuk  menjalankan  aplikasi  yang  telah  di  buat  maka  di  lakukan  kompilasi  terlebih dahulu. Caranya pilih menu Build > Bulid [Nama Project].
  • Setelah proses kompilasi selesai, jalankan program melalui menu Debug > Start Debugging atau dengan menekan tombol F5 pada keybord.

Alhamdulillah. Program Pertama kita telah selesai dikerjakan. Untuk pertanyaan lebih lanjut silahkan bertanya pada halaman komentar dibawah ini. Terimakasih.




0 komentar:

Posting Komentar

makasih sudah mampir.... ^_^

Follow by Email

Daftar Kunjungan

sejak tanggal 11 agustus 2010

Date

dot_exe

Promosi dikit neh... ^_^

Jika anda ingin meningkatkan kinerja perusahaan atu tempat anda bekerja, saya penulis dapat memenuhi kebutuhan anda . baik atas nama kelompok (CV) atau perorangan:
penulis menyediakan softaware-software seperti:
1. Dinas pemerintahan / Swasta
2. Percetakan
3. Toko / swalayan
4. Dinas pendidikan
5. dll

software dapat berbentuk desktop atau model jaringan (client server).
Selain itu menerima pemesanan pembuatan Website baik yang pribadi maupun perusahaan.

bagi yang berminat dapat mengirim e-mail ke alamat dotexe.chili@gmail.com

Popular Posts

Daftar Komentar

temen-temenku