Jumat, 24 April 2009

cara buat DBGrid biar bisa di scroll..!!!

Buat temen2 yang pernah buat program ato lagi buat program pakek delphi, terkadang di komponen DBGridnya ntu kalo recordnya banyak kan gak bisa di scrol pakek mouse, bisanya kita pakek tombol page down untuk turun ato page up buat naek, kadang oang yang kita buatin program ntu kan males pakek tombol, maunya pakek mouse...!!


gimana caranya biar bias di scroll....????



ni perintah di tulis ja ato di copy paste kalo males ngetik sih...
pas di bagian public tulis perintah ne:
procedure AppMessage(var Msg: TMsg; var Handled: Boolean);

trus tulis yang ne dibawah Implementasi

procedure TForm1.AppMessage(var Msg: TMsg; var Handled: Boolean);
var
a: byte;
begin
if Msg.message = WM_MOUSEWHEEL then
begin
Msg.message := WM_KEYDOWN;
Msg.lParam := 0;
a := HiWord(Msg.wParam);
if a > 0 then
Msg.wParam := VK_UP else
Msg.wParam := VK_DOWN;
Handled := False;
end;
end;

trus di projectnya tambahin perintah ne (sebelum --> Application.Run;)
Application.OnMessage :=Form1.AppMessage;



selamat mencoba.... thank

10 komentar:

Posting Komentar

makasih sudah mampir.... ^_^

 
Powered by dot_exe.production