Buat Aplikasi ukurannya bisa autosize

Ass.wr.wb..
Alhamdullah bisa posting lagi neh, tadi da temen nanyain gmana sih caranya biar aplikasi yang kita buat bisa ngikut ma resolusi layar kita, umpama kita buat aplikasi dilaptop yang resolusinya gede, trus pas di jalankan di komputer yang resolusinya lebih kecil berakibat form yang kita buat sedemikian indahnya kan jadi ke potong, pokoknya gak bagus dah...
terus ta coba2 tanya ma om google alhamdullah ketemu walaupun mesti perbaiki koding lagi sih, yang penting ta sederhanakan dan bisa dimengerti ma temen2 dah...!!



OK, sebelum kita mulai belajar kita doa dulu dah, kalo perlu pakek cemilan juga boleh. ("bik kopinya 1 yaaa") ^_^ Temen2 bisa ikutin langkah dibawah ini :
  1. Buat Sebuah Aplikasi baru.
  2. Di dalam form ntu temen-temen bisa masukkan beberapa komponen seperti label, edit, button, combobox atau yang lainnya.
  3. Setelah desain form yang kita buat jadi. di layar codingnya atau unitnya copi s\codding dibawah ini.

    procedure ubahukuran(Formnya: TForm; panjang, lebar: LongInt) ;
    begin
    with Formnya do
    Begin
    Scaled := True;
    AutoScroll := False;
    Position := poScreenCenter;
    Font.Name := 'Comic Sans MS';
    if (Screen.Width <> panjang) then
    begin
    Height:=LongInt(Formnya.Height)*LongInt(Screen.Height)div lebar;
    Width:=LongInt(Formnya.Width)*LongInt(Screen.Width)div panjang;
    ScaleBy(Screen.Width,panjang);
    end;
    end;
    end;


  4. Setelah itu di Form Create atau form shownya, temen-temen tambahkan perintah untuk memanggil prosedur yang diatas dengan perintah " ubahukuran(Form1, 400, 320) ; ". dmana "Form 1" ntu nama formnya, "400" ntu panjang formnya dan yang "300" ntu untuk lebarnya.
  5. Kalo sudah selesai, Aplikasi temen-temen bisa dijalankan.
  6. Berikut coding lengkapnya. Selamat Mencoba. key...!! (dot_exe)
var
Form1: TForm1;
implementation
{$R *.dfm}


procedure ubahukuran(Formnya: TForm; panjang, lebar: LongInt) ;
begin
with Formnya do
Begin
Scaled := True;
AutoScroll := False;
Position := poScreenCenter;
Font.Name := 'Comic Sans MS';
if (Screen.Width <> panjang) then
begin
Height:=LongInt(Formnya.Height) * LongInt(Screen.Height)div lebar;
Width:=LongInt(Formnya.Width) * LongInt(Screen.Width)div panjang;
ScaleBy(Screen.Width,panjang);
end;
end;
end;

procedure TForm1.FormCreate(Sender: TObject);
begin
ubahukuran(Form1, 400, 320) ;
end;

procedure TForm1.Button3Click(Sender: TObject);
begin

Application.Terminate;

end;


Postingan populer dari blog ini

Apa itu SMS Gateway ??

Perintah SQL "Union"

Awas Penipuan Penjualan Online